Interview : DOM 65

Siapa yang tidak kenal dom 65, ben Oi!/punk veteran dari jogja yang sudah malang melintang sejak 1997. 14 tahun berselang menunjukan kekuatan eksistensi mereka di dalam scene. Mereka terbukti masih ada, bila kita lihat dari produktivitas album, merchandise hingga ke pergantian personel :p. oke langsung saja, simak wawancara kali ini, yang di jawab oleh sang vokalis, imam senoaji.

1. Hello Dom 65, apa kabar, sedang apa, sudah minum belum?
Imam : baik, saat ini sedang kesana-kemari, naik turun dari lantai 1 ke lantai 2. Nampaknya belum minum, namun akan segera menjadi urutan teratas dalam skedul mengisi malam.

2. Tolong critakan sejarah singkat dom 65 dan line up terkini, siapa tau ada yang belum tau.
Imam : DOM 65 dibentuk di CC Barmy Army, Jogjakarta, oleh Aray & Adnan, pada akhir tahun 1997, memainkan musik Oi! dengan proses evolusinya hingga masih aktif sampe sekarang dengan line up terkini adalah : Imam Senoaji : Vokal, Sesa Slaughter : Gitar, Uut Mubaroxc : Gitar, Adnan D Kusuma : Bass, Yanda Panda : Drum

3. Album terakhir dom 65 adalah Committed ? langsung aja, ceritain proses pembuatan album ini, trus dari sudut pandang kalian apa yang membedakan dari album-album sebelumnya?
Imam : benar, Committed adalah album terakhir DOM 65, dirilis Desember 2009, dan diselesaikan dalam kurun waktu 2 tahun paska perubahan formasi personil, konsep musik tetaplah sama, cuma cara kita memainkannya agak berbeda. Ada sedikit unsur akustik yang dilibatkan, nostalgia beat kencang, lebih simpel dari album sebelumnya, cukup menyenangkan, dan teler berat mungkin akan banyak membantu mencernanya, walau agak melelahkan.

4. Sepertinya tema drinking mendapat porsi lebih di album ini? Mengapa? btw collapse jadi lagu favorit saya nih di album ini.
Imam : Porsinya sama saja kok, banyak cerita yang bermula dari nge-drink hebat juga, cuma agak berbeda di rasa, mungkin karena beda oplosan. Collapse semakin dasyat saat kepala membentur lantai.. haha!

5. Masih di album ini, lagu bankrupt juga menarik perhatian saya, dari mana dapat inspirasi menulis lagu ini? Based on true story? Kalo iya, bisa ceritakan sedikit.
Imam : Hanya dari menonton film action, kebanyakan nonton televisi, dan membaca koran kriminalitas. Memang berdasar dari kisah nyata. Inilah jadinya apabila aksi legendaris Johny Indo yang diadopsi ala kadarnya dan diiringi “Bankrobber-nya milik The Clash” sebagai anthem.

6. Dengar- dengar dom 65 udah jarang manggung lagi ya? Eksis dengan waktu selama ini apa kendala utama yang kalian rasakan?
Imam : Kita masih rutin pentas kok, minim publisitas saja. Kendala utama kami adalah seringnya gonta-ganti personil, dan pukulan keras dari naiknya harga miras. (saya juga ikut terpukul -ed)

7. Kebanyakan lagu-lagu dom 65 berbahasa inggris, ada alasan khusus? Padahal lagu “fortuna” itu keren abis loh om!
Imam : Tidak ada alasan khusus sih, hanya kebiasaan saja, nantinya pasti bakal ada yang berbahasa Indonesia kok, ditunggu saja.

8. Ngomong-ngomong tentang lagu fortuna tadi, kita pindah ke masalah sepak bola nih, rezim Nurdin telah berakhir, gimana komentar kalian tentang pssi dan sepakbola Indonesia?
Imam : Rezim siapa saja hasilnya juga sama saja, Tim lokal pada jumpalitan, kekerasan semakin canggih, dan para suporter kini mulai nampak fashionable. Bagi kami sih asal bekal melimpah, menonton pertandingan di stadion bersama teman-teman tetaplah seru.

9.Tentang tur nih? Paling jauh kemana? Sudah pernah ke borneo?
Imam : Tour yang pernah kita gelar hanyalah di kisaran Jabodetabek hingga Jawa Barat, lanjutan dari rilisnya album Committed. Keluar pulau sepertinya belum pernah.

10. bagaimana kalian menanggapi piracy
Imam : Belum pernah berbenturan, jadi belum ngerti opini seperti apa yang mesti diberikan.

11. tentang zine nih, seberapa penting keberadan zine buat scene? Btw udh berapa zine nih yang pernah nginterview dom 65? Masih inget gak? Hehe
Imam : Zine yang tahan banting untuk berdiri sendiri serta faktual, sangat dibutuhkan oleh scene untuk saling berbagi informasi. Ada beberapa zine yang pernah melakukan sesi interview dengan DOM 65, tidak banyak sih, namun selalu berkesan.

12. sebutin donk 1 band dan minuman favorit kalian?
Imam : Band : Cockney Rejects
Minuman : Mc. Donald Vodka

13. apa ada pertanyaan yang ingin kalian jawab tapi nggak di tanya disini?
Imam : Sepertinya belum ada.

14. oke mungkin cukup, kita berhenti di 14. ada pesan terakir untuk pembaca setia salah cetax zine. Titip salam juga boleh. Hahaha..
Imam : Salam kenal untuk Salah Cetak Zine beserta pembaca setianya, terima kasih banyak, DRINK LIKE HELL!!!

20130210-215805.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s