Jogjakarta zine attack

 

Image

2012 memang tahun yang indah bagi dunia per-zine-an Indonesia. Setelah sebelumnya ada pameran di UGM(Jogja), kemudian di Bandung (Bandung zine fest), muncul lagi sebuah acara zine di Jogja. Adalah Jogjakarta zine attack, sebuah acara tahunan yang mengalami progres menarik di edisi kedua ini.

7 oktober 2012, Jogjakarta zine attack dibuka dengan sebuah workshop zine. Sekitar jam 4 Para partisipan mulai berdatangan dan menempati kursi-kursi kosong yang telah disediakan. Tidak diperkirakan sebelumnya, jumlah partisipan terus bertambah dan menyesaki ruangan yang bisa dikatakan overload. Ah sungguh menyenangkan melihat antusias ini.

Diawali dengan perkenalan diri dan sedikit share tentang apa itu zine, kemudian partisipan dibagi menjadi dua untuk bareng-bareng ngebuat cover dan back cover. Bayangkan bagaimana jadinya satu kertas dikeroyok orang banyak? hehehe.  Setelah selesai menghasilkan cover, tiap partisipan dibagi sebuah kertas untuk mengisi konten zine. Di meja telah tersedia banyak majalah dan koran bekas yang siap dieksekusi  untuk mengembalikan nilai artistiknya, hahaha.

Tak lupa sebuah mesin ketik menemani gunting dan lem sebagai senjata untuk membuat zine. Ketersediaan alat yang terbatas tak mengganggu jalanya workshop, partisipan secara sadar bergantian menggunakan alat-alat tersebut.

Sebenarnya dalam membuat konten ini, waktu yang ditawarkan hanya sekitar 60 menit, tapi yang namanya punk pasti bisa menembus batas-batas itu, ditambah datangnya beberapa partisipan yang telat. Sekitar 2 jam-an lebih akhirnya tiap orang mengumpulkan karyanya. Isinya pun beragam mulai dari gambar gambar pemandangan sampai ke hal-hal politis.

Minggu selanjutnya, ditempat yang sama diadakan pameran zine. Ini sekaligus sebagai ruang untuk memamerkan hasil dari workshop zine yang telah dibuat sebelumnya. Cukup banyak pengunjung yang mendatangi café ini, termasuk beberapa orang dari luar jogja yang juga menyempatkan diri untuk hadir ke pembukaan pameran ini. selain zine, di acara ini juga menyediakan sablon gratis, yang pastinya langsung diserbu oleh pengunjung yang datang.

Walaupun tidak seramai acara musik, aku pikir pengunjung untuk sebuah acara zine ini bisa dikatakan ramai, khususnya dalam sesi workshop. Sungguh menyenangkan melihat antusiasme peserta saat workshop zine. Semoga semangat ini tetap ada. Longlive D.I.Y MEDIA 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s