MUAK: PAMERAN ZINE DAN ARTWORK

ImageImageImageImageMayoritas zine adalah zine HC/PUNK, pembacanya pun dari kalangan punk itu sendiri. Benarkah seperti itu? Adalah “MUAK”, sebuah pameran zine dan artwork yang di selenggarakan di dalam area kampus. Sebuah acara dimana ada ratusan zine dan puluhan artwork terpampang di dalam sebuah tenda kecil di halaman kampus.

Disitu terdapat ratusan zine yang mayoritas seputar HC/PUNK (inget ye mayoritas, gak semua) dan puluhan artwork dengan tema yang sama dengan judul acara, “muak”. Zine dikumpulkan dari beberapa individu yang punya koleksi yang datang dari berbagai daerah, sedangkan Artwork dikumpulkan setelah kami menyebar flayer di dunia maya, Alhasil banyak kawan-kawan di luar jogja yang ikut mengumpulkan artwork-artwork mereka.

Persiapan dilakukan cukup mendadak, setelah semua zine dan artwork masuk, artwork mulai di pasangi bingkai, sedikit cerita, awalnya ide pemakain bingkai kaca sempat ditolak, dengan alasan terlalu ribet dan tidak punk! haha, tetapi karena banyak teman yang ingin melakukan hal ini, maka dipasanglah, dan hasilnya dapat membuat tersenyum.

Pendanaan juga dilakukan secara kolektif, banyak peralatan seperti bingkai juga dengan memanfaatkan jaringan pertemanan, termasuk pencurian beberapa alat-alat di kampus. Menyenangkan. Ohya tak lupa manipulasi izin, you know lah birokrasi kampus.

Pameran berlangsung selama tiga hari. Sedikit kaget, pada hari pertama, ketika pameran belum dibuka tepatnya jam 9, seharusnya dibuka jam 10, sudah ada beberapa orang yang masuk untuk melihat artwork yang memang sudah di pajang sehari sebelum pameran dimulai. Alhasil pameran dibuka dengan sendirinya tanpa ada basa-basi-introduksi terlebih dahulu.

Mayoritas yang berkunjung adalah warga kampus, mereka terlihat cukup asik membaca dan tak jarang yang bertanya. Selain itu beberapa kawan-kawan persma juga turut melakukan peliputan dan terakhir, tentu saja, pengunjung pameran adalah HC/PUNK kids!.

Sempat terjadi sesi diskusi ringan ketika teman-teman dari luar jogja datang, ini terjadi dengan sendirinya. Diskusi tidak ada di rundown, karena acara ini memang tidak pakai rundown haha. Isi diskusi pun mengalir seenaknya, diawali dengan membahas tentang sejarah, dinamika hingga ke minuman, yang ternyata juga berpengaruh dalam proses pembuatan zine. kedatangan beberapa jurnalis juga menambah hangat sesi diskusi ini, sebuah pertanyaan menarik yang terlontar, “apa aturan dalam membuat zine”, yang kemudian dijawab dengan seenaknya “gak ada!”. ya, hanya ada satu aturan, “tidak ada aturan”

Space kecil untuk lapak gratis tak lupa tersaji disana. Ada beberapa zine, stiker, spidol, pulpen goodie bag, kaos yang dikumpulkan dari donasi maupun dari kegiatan “mengembalikan fungsi benda”. Ohya aneka snack dan es kopi juga ikut menghiasi pameran, bahkan ketika berkunjung ada yang membawa kue “minor threat” untuk dibagi disana.

Selama acara, jika diamati secara kasar, Tigabelas zine adalah zine yang paling banyak di baca dan masuk daftar kopi. Acara secara resmi ditutup ketika matahari tak lagi bersinar, ini dikarenakan tidak ada lampu disana. Tapi itu tidak berarti langsung bubar begitu saja, tentu saja acara plus-plus jadi lanjutan untuk menemani mengobrol di malam hari.

Hari ketiga pameran ditutup dengan screening film, kami sengaja tidak menentukan film apa yang akan diputar, tapi kala itu sepakat untuk memutar film punk dari jerman “Chaostage”. Pemutaran film itu juga menutup pameran zine dan artwork ini. Sangat menyenangkan bisa melakukan acara seperti ini dikampus. Acara ini juga menjawab pertanyaan personalku tentang siapa pembaca zine, yah ternyata tidak hanya mereka yang menyukai musik Punk saja, tetapi lebih universal. Mungkin para pembuat zine tak perlu malu (seperti saya dulu) untuk mendistribusikan zine nya lebih luas lagi, tidak hanya dalam komunitas hc/punk saja. oke laporan pameran ini saya tutup dengan kutipan dari temen “zine lucu ya? aku suka”

More photo : http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150821491747075.409946.161126867074&type=3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s