Know The Zine Maker #1

berikut sebuah wawancara dengan beberapa penggiat zine nusantara..

1. sebut nama zine kalian dan berikan alasan di balik penggunaan nama zine kalian

Gendut :  # Bunch of Airheads ; sesuai namanya isinya sekumpulan anak-anak berotak kosong yang pengen bikin zine, termasuk di dalamnya gue yang nggak bisa ngetik , buta internet, tapi gimana juga gue mastermind zine keparat satu ini,sudah almarhum cukup satu edisi saja. e-bay stuff,hard to get huhehehe

# Choking Hazard : simple adfa di kemasan mainan, warning choking hazard.

# Area 51 : semacam tempat buat orang-orang terasing dan nggak dikenal di scene buat nulis sesuatu, sejauh ini sukses, kalian harus baca tulisannya metal, it’s a masterpiece

# Kamitotolen : artinya sampai nggak bisa ngomong saking stokednya, diambil dari bahasa ngapak banyumasan, asal editor zine ini. ya seperti juga orang yang gape bahasa inggris pas baca zine ini, grammar berantakan, etc, yang penting nyali…..

Tremor : halo, zine yang pernah saya bikin ada 2, boredom buster dan beyond the barbed wire (BtBW). alasan di balik nama boredom buster ada di kalimat “Boredom is counter-revolutionary”. dan ya sesuai namanya, boredom buster itu tempat saya berbagi cara ngebunuh kebosanan dan lain2 yang berhubungan sama itu. ya intinya itu semacam zine personal yang saya udahin pas saya pindah ke blog online. untuk BtBW, alasan di balik nama adalah, karena dunia ini seperti kamp konsentrasi raksasa, dimana kita hidup di balik pagar berkawatduri, dan dunia diluar kawat berduri pastilah lebih ideal. minimal kita ga akan pernah tau sebelum kita runtuhin pagar kawatnya, dan pergi keluar sana. ya itu analogi aja dari kehidupan sekarang, dan apa yang menurut saya idealnya perlu dilakuin. BtBW itu zine HCpunk, jadi ya intinya itu semacam ajakan juga buat temen2 di komunitas HC punk bahwa kalau kita semua mau, kita bisa bareng2 runtuhin pager itu.

Aditya : *Newbornfire, terinspirasi dari judul lagunya band H8000 edge-metal dari Belgia, LIAR dan lagu Newnoise-nya REFUSED sekaligus terdorong oleh Newnoise zine buatan Toto & Eben Burgerkill sejak tahun 2000 awal.

Dede :Wasted Rockers. Terinspirasi dari lagu Black Flag yang judulnya “Wasted”.

Yosep : Ugly Karena cocok sama isinya

2.apa arti “zine” buat kalian.

Gendut :  tempat bermain, bertempur, melepas lelah, punching bag, sparring partner, segelas air dingin, selimut, temen boker, tissue wc,sayang nggak bisa dimakan

Tremor : komunikasi dan sharing. dari zine2 yang udah saya bikin ya artinya buat saya itu tempat buat saya berkomunikasi dan sharing sama temen2.

Aditya : Sebagai salah satu pengembangan dari tugas pelajaran menulis yang pernah ada di bangku sekolahan, suatu karya tulis dan sarana mengasah pengetahuan dan komunikasi bahasa layaknya karya sastra, sarana berbagi informasi ataupun curhat pribadi seseorang yang mempunyai tujuan masing-masing entah formal ataupun informal.

Dede :  Fanzine? Cari aja jawabannya di Wikipedia

Yosep :Zine adalah media…

3.  orang  pertama yang di interview di zine kalian? Trus dari sekian banyaknya mana yang kalian paling senang hasilnya? Plus alasannya ya! (dilarang keras jawab semua senang hhe)

Gendut :  lewat email, System Error band grindcore asal malang, karena gobloknya gue, gue nggak tau k-lo ngetik email itu spacenya nggak terbatas, gue belum tahu cursor kebawah, jadi interview gue kirim dua seri, sesuai space yang pas kebuka k-lo lo mau compose email, alasannya buat system error, sorry komputernya bermasalah, jadi gue kirim dua kali.. padahal gue yang bermasalah. lewat surat Keep On band skin girl Depok, gue kirim surat tanpa punya back up copian pertanyaan, yang dikirim jawaban thok ,surat gue ngggak dikirim balik, akhirenya gue jadi hang out di tempat mereka, dan temenan sampe sekarangtruz dri sekian banyaknya mana yang kalian paling senang hasilnya?dua di atas absolutely cheerful , massgrav keren, Besthoven kool, WBTD great, Ari bowkore, Tanpa Batas,Plus alasannya ya! (dilarang keras jawab semua senang hhe)semua ada alasan masing-masing, Besthoven misalnya gue kirim pertanyyan via email Fofao jawab pake surat tulisan tangan, bayangin aja gue mesti ngetik dan nerjemahin bahasa ingris Brazil discimex horror core, Atau Peace or Annihilation yang pake jawaban hand written, pernah ngabayangin tulisnnay Baskoro ? chaos kayak musiknya hahahaha.

Tremor : orang pertama yang saya interview di BtBW itu kenji alias ken terror, ilustrator. yang paling seneng itu wawancara..hmmm..siapa ya. semua senang haha. Sori

Aditya : Orang yang pertama kali..Agus sama Wedha, basis & ex-drummer Paper Gangster (Depok Hardcore). Dari sekian banyak yang diinterview yang terasa banget akrabnya ya yang terakhir ini saya wawancarai, Tim Byrnes dari Friendly Bears (New York’s avant-jazz/punk). Walau baru kenal di myspace tapi pas ngejawab interview, jawabannya niat bener, detail sampai ke akar-akarnya dan menganggap saya rasanya seperti teman yang udah kenal lama

Dede : Anak-anak Harder Distro (tahun 2000). Yang paling berkesan… Vitamin-X (tahun 2000)

Yosep :Gw ga pernah muat tulisan tentang interview.

4.apa pertanyaan wajib dalam menginterview

Gendut : nggak ada, gue selalu menghindari pertanyaan yang sama, meski intinya sama bisa aja gaya bhasanya lain, dari polite sampe sarkasm, menantang k-lo perlu….

Tremor : hmm.. ada, “siapa kamu, apa yang kamu kerjain” dll. itu pertanyaan wajib karena belum tentu semua orang tau siapa yang kita wawancarain. biasanya bisa juga kita tulis pengantar tentang siapa orang yang diwawancarain, tapi kan lebih asik kalo orang itu ngasih tau sendiri tentang diri dia.

Aditya : Pertanyaan wajibnya?, ‘Hai’atau ‘Hallo’…:D dijamin wajib banget.

5. apakah dengan media zine pesan-pesan yang kita sampaikan better than band? mengapa? Gendut : gak juga sih, tergantung yang baca juga, batu mah tetep aja batu hehehehe,mengapa?ya karena batu itu tadi……

Tremor :buat saya sih sama-sama aja, antara band dan zine. itu tergantung siapa yang baca/denger. ada orang yang ga doyan baca, ada yang doyannya musik. jadi itu cuman masalah beda pendekatan aja sih. tapi ga ada yang better than the other. sama2 aja.

Aditya : Bisa iya bisa enggak..relatif. bisa aja zine itu jauh lebih efektif untuk menyampaikan pesannya daripada sebuah band yang pesan-pesannya gak jelas, apalagi cuma ngutip atau copy paste dan ngejar kata-kata ‘keren’ seperti banyak band-band lainnya. Tapi bisa juga kebalikannya khan? Zine juga jadi worst than band, seperti ada yang cuma ngutip dari buku atau zine lain, ada yang cuma buat nyerang pihak lain, ada juga yang suka me-review/ngebanggain diri sendiri.. hehee, tapi walau better or worst, I still enjoy everytime I read any kind of zine.

Dede :Sama aja. Gak ada yang lebih istimewa satu sama lain.

Yosep:Pasti, karena pesan ditulis dengan jelas…tp skg gw malah asik ngeband lagi, disibukan dg side projectan ‘kelas berat’, cari tandingan…hahaha…

6. Sampai kapan kamu tetap buat zine, apa alasan mu tetap buat media yang satu ini?

 

Gendut :sukar dijawab, istri gue sekarang lagi hamil lima bulan, gue susah banget meluangkan waktu, tapi gue masih tetep pengen bikin zine, ada hal yang tak tergantikan kmetika memegang sbuah zine yang kita kerjana , meski setelah itu gue males buat mendistribusikannya

Tremor : udah lebih dari 2 taun saya belum zine lagi. masih pengen cuman lagi kehabisan energi dan aktifitas makin banyak, jadi yah..belum lagi. alesan bikin zine sih, karena ngerjainnya fun, dan seneng bisa sharing.

Aditya : sampai lupa gimana cara nulis.. atau kalo anak2 di scene udah gak butuh media bacaan dan lebih berorientasi pada merchandise terus lebih baik berhenti aja kali..:)

Dede :“Till Death Do Us Apart”

Yosep : Saat inipun gw gada waktu buat ugly lagi…tapi niat msh ada…semangat masih merah membara…hahaha…

7 . Dari sekian banyaknya kelebihan dri zine kalian apa kekurangan yang paling mencolok yang ada pada zine2 anda. Sebut satu saja?

Gendut : salah ketik…….bukan salah cetak…..

Tremor : hmm kurang bisa ngejaga keberlangsungannya hehe. dulu pengennya tiap beberapa bulan rilis. jadinya tiap setaun rilis. nah sekarang udah lebih dari 2 taun belum rilis lagi. nah!

Aditya : zine saya sering/selalu berubah bentuk tiap edisinya dan gak punya ciri kali ya..?

dede: Selalu telat terbit. Eh, Wasted Rockers bukannya udah R.I.P? Hehe…😛

yosep :Kurang biaya bwt ngopi UGLY jd ga banyak dibaca orang(yang baca kebanyakan alien), buat kipas2 atau dijadiin alas duduk itu dah sering.

8. dalam membuat zine. Sebutkan 1 bagian wajib yang harus ada dalam zine kalian!?

Gendut : dalam membuat zine. Sebutkan 1 bagian wajib yang harus ada dalam zine kalian!?tulisan, wajib dunk,………bodoh k-lo jawab selain ini……hehehehehe

Tremor : tulisan personal

Aditya : wajib? Nama Zine-nya tuh wajib ada, hehee..kalo gak ada nanti dikira bungkus kacang😛..kalo ke isi, Kayaknya wajib apa enggak tergantung isi dan orientasi zine masing-masing aja deh. Kalo zine artwork khan gak akan ada editorial atau minim tulisan. Kalau

Dede : Review.

Yosep :Contact person

 9. sebutkan 1 zine dgn

 

* yang punya kover keren

G: Hell and Damnation

T:gak kepikiran sekarang.

A:Beyond The barbed Wire.

D: salah cetax

Y : ugly

*yang punya layout keren

G: Hell and Damnation

T:Heartattackz

A:Zine-zine dengan layout buatan Vivid dari Semarang

D: salah cetax

Y : ugly

*yang interviewnya menarik

G: Hell and Damnation

T:jalur bebas, salah cetax, lapuk, chocking hazard!

A:Jalur Bebas

D: salah cetax

*yang gaya penulisannya tidak membosankan

G: Hell and Damnation

T:Senyum

A:Choking Hazard dan semua zine buatan Gendhut

D: salah cetax

*yang cara mereviewnya jujur!

G: Hell and Damnation

T:rebellioussickness, jalurbebas

A:We’re Gonna Fight (sumpah, jujur banget!)

D: salah cetax

*yang rumit membingungkan

G: Hell and Damnation

T:Betterday

A:zine dari negara-negara Amerika Latin…:S (keren banget tuch kayak saya bisa bahasa Spanyol aja..huehehee..:P)

D: salah cetax

Y : ugly

10.Penting ga sih ngajak org lain untuk buat zine juga.? Kalo iya. Apa kata-kata ajakan mu buat mereka?

Gendut: penting ngggak penting. Kalo iya. Apa yang akan kmu katakan bwat ngajak mereka?zine adalah sesuatu yang lebih keren daripada celana legging kamu, kaos distro, sneaker macbeth, matic bomber, etc……..

Tremor : maksudnya gimana? ngajak org lain utk nulis di zine saya, atau ngajak orang utk bikin zine dia sendiri? kalo yang kedua, buat saya sih gak, kayak MLM aja hehe. ya paling mungkin sih menginspirasi orang lain buat bikin zine juga. tapi kalo ngajak org utk bikin zinenya sendiri sih gak pernah saya lakuin.

aditya : Penting-penting aja sich kalo emang dia punya bakat nulis atau punya uneg-uneg dan punya karya yang ingin dipublikasikan tanpa harus menunggu atau berurusan dengan media mainstream untuk menampilkan karyanya/meliriknya, karena zine juga dapat menjadi ‘Direct Action’. Jadi buatlah bacaan/karya cetak/media sebisa kamu dan semudah mungkin. Ayo budidayakan kembali semangat baca dan tulis.

Dede : Enggak terlalu sih… Thnx Tom

Yosep :Terserah ajah…ngajak orang lain yang kelaparan bwt makan bareng itu lebih penting..ok tom…

Leave a Reply

