interview with nanu betterday zine – salah cetax #7

 

Halo tolong berikan identitas mu? 

Nama: Nanu (kadang dikenal dengan El Vegano)
Alamat rumah: kontak dulu aja.
Alamat e-mail: xcrueltyfreex@yahoo.com
Homepage:http://www.friendster.com/elve… (personal),http://www.friendster.com/bett… (zine-ku),http://www.myspace.com/deadedg… (bandmetalku),http://www.myspace.com/rbhxfam… (band punkrockku),http://www.myspace.com/salient… (band metalku juga),http://www.myspace.com/reflexi… (band hardcoreku).

kita awali pertanyaan sekitar dunia per-zine-an. Sebelumnya kenapa kok kamu bwat zine? apa inspirasimu dalam membuat zine?

Bikin zine buat ngenalin Vegan-Straightedge di scene, juga pengen berkontribusi dikit di scene sebagai media alternatifnya. Inspirasinya banyak, mulai dari zine-zine lama, majalah metal indie lama, bahkan hingga majalah mainstream.

Kan Betterday sndiri dah lama..tu n juga mnurut gw dah well known, so banyak peminatnya.. Truz mao mencetak Betterday dlm jumlah besar truz di masukin ke toko/distro/ato gramedia kali.. n dikasih price…bwat tambah2 ongkos produksi..soalne knn setau gw BD ga paqe sponsor..

Betterday zine tiap edisinya aku kopi sebanyak 120-150 eksemplar. Dan menurutku itu udah cukup bisa disebarin ke beberapa orang dan kota di Indonesia. Dan lagian banyak temen-temenku di luar kota yang ngegandain dan menyebarkan/menjual Betterday di kota mereka. Thanx guys! Buat aku itu sangat membantu. Jadi nggak perlu sponsor segala. Selama masih bisa sendiri, aku usahain banget tanpa sponsor. Dan hingga edisi ke #17, aku ngerjain semuanya tanpa sponsor! Hehe!! Tapi aku udah masukin Betterday ke beberapa distro. Untuk toko buku besar, masih belum minat aja.

Karna gw baru dapatt BD yg ke 15, ada ga perbedaan format dari edisi awal ma yg edisi skarang?

Pasti ada banget, bro! Awal terbitnya (2001), Betterday itu formatnya newsletter. Baru edisi ke-4 aku berani ngerubah nama jadi ‘zine’, karena dengan pertimbangan junlah halaman yang semakin tebel dan konsep penulisan yang samkin manteb.

BD kn zine vegansxe, terus gimana kalo ada yg nitip flayer-flayer tapi gak vegansx, apa tetap dimuat  di BD?

Yups bener, Betterday memang konsepnya Vegan-Straightedge-Hardcore. Masalah flyer non-Vegan-Straightedge, itu gapapa kali! Aku bikin Betterday sejak awal pengen berkontribusi di scene. Jadi untuk flyer, ataupun band-band yang aku review, nggak harus Vegan-Straightedge.

Dalam ngebuat BD apa ada jadwal terbitnya.
Sekitar 3-4 bulan sekali.

Minta tips & trip ngebuat zine ala el vegano
1. Niat dan Berani
Apa yang kamu tulis, harus dilandasi dengan niat yang tulus, dan keberanian.
2. Jujur
Apa yang kamu tulis harus merupakan kejujuran akan pola pikir atau apa yang terjadi di scene. Jangan seperti media mainstream yang sering menawarkan kepalsuan. Bukan berarti aku anti media mainstream, aku juga masih baca majalah mainstream, maksudnya kamu harus lebih kritis.
3. Bertanggung jawab
Apa yang kamu tulis harus bisa kamu pertanggungjawabkan. Nggak mungkin dunk bikin zine Vegan Straightedge tapi aku bukan penganutnya. Atau bikin zine anti-kapitalis tapi makan di KFC/McD, atau pake sepatu Converse/Adidas/dll.
4. Bersifat alternatif
Apa yang kamu tulis merupakan hal-hal yang nggak ditemui di media mainstream. Itulah kenapa zine dibilang sebagai sebuah alternative media.
5. Unik
Zine yang kamu bikin akan lebih asik kalo punya cirri khas tersendiri, nggak kaya zine yang udah ada kebanyakan. Baik mulai dari gaya penulisan, desain grafisnya, hingga layout-nya.
6. Distribusi luas dan terpilih
Kalo duit kamu mepet, distribusiin zine kamu ke orang-orang yang kira-kira bisa ngebantuin menkopi ulang dan mengedarkannya kembali. Kalo mau dijual, juallah dengan harga yang masuk akal.
O ya.. Boleh tau ga knapa BD kok bisa eksis.. Apa yg mendorongmu untuk truz bwat zine..?
Mungkin karena aku masih niat, semangat, dan tentunya masih ada waktu untuk bikin zine, why not?! Hehe!

Apa zine vegansxe yg pertama kali kamu baca sebelum membuat BD? ,(apa bd tu zine vegansxe pertama dari indonesia)
Kalo di Indonesia, iya, Betterday merupakan zine Vegan Straightedge pertama.

sejak kapan  jadi vegan
8 tahun yang lalu.

Setau saya Vegan itu gak mengkomsumsi produk hewani? jd gmn dgn para peternak dan pedagang yg menjajakan hewan bwat di konsumsi.
Kalo kita ngomong konteks masa kini, emang susah. Karena ternak merupakan sebuah budaya dari masa lampau. Jadi bisa dibilang, kaum Vegan menyeimbangkan dunia. Percaya nggak, tingkat penggunaan air untuk peternakan jauh lebih tinggi untuk menanam kedelai. Dan untuk level dunia, itu sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup bumi kedepannya. Belum lagi pencemaran yang dihasilkan, itu turut berpengaruh dalam global warming. So, we choose this not just for ourselves, but others too.

Kan sekarang indonesia lagi krisis kedelai. tahu, tempe, dan susu kedelai pun naik. nah ada ga alternatif lain selain susu kedelai.buat para Vegan?

Jujur aja, di Jogja nggak krisis-krisis amat. Mungkin kalo di Jakarta dan sekitarnya iya. Dan ini membuktikan bahwa krisi ini buakn faktor alamiah, tapi kerjaan segelintir oknum aja. Aku masih sering banget konsumsi susu kedelai dengan harga yang sama. Tapi bagi kaum Vegan yang daerahnya terkena krisis kedelai, bisa beralih ke susu beras, atau susu jagung. Itu kandungan protein dan kalsiumnya juga cukup tinggi.

Kata guru gw protein nabati dan hewani harus seimbang.. jadi klo kita berveganria ga ada protein hewani nya dong?.

Hehehe! Boleh agak sombong dikit ga? Guru-guru di Indoneisa itu banyak yang nggak pinter, soalnya terlalu terpaku literatur status quo! Hahaha! Percaya nggak, selain aku udah dapet banyak banget tulisan tentang protein nabati dan hewani yang sama aja, aku juga udah nanya ke dokter secara langsung! Dan jawaban yang aku dapet adalah bahwa protein nabati lebih menyehatkan. Karfena ketika kamu memakan daging, bukan cuma protein yang masuk ke perut, tapi kolesterol dan penyakit juga. Sedangkan hal itu bisa dibilang sangat jarang ada di makanan nabati.

Sebutin dunk 5 hal positif yg didapat bila bervegetarian? 
Pertama, yang jelas SEHAT, bro!! Dulu sebelum bervegan, aku hampir tiap abis bangun pagi sering pilek-pilek. Tapi sekarang aku udah terbebas dari alergi itu! Kedua, kita jadi lebih menghargai arti kehidupan. Ketiga, ikut serta dalam usaha meminimalisir global warming. Keempat, secara moral dan fisik, kita udah absen dari bentuk penindasan. Kelima, menghargai lingkungan.

Now about SALIENT INSANITY, di flyernya ada tulisan melodic(death)metal, ada unsur lain gak yang dimasukin di dalam SI?

Untuk perispan album kedua ada. Kami coba masukin variasi blackmetal. Tapi swedishdeathmetalnya tetep dunks! Hehehe!

Dan apa influence dari SI itu sendiri.?

The Black Dahlia Murders, At The Gates, Abel is Dying, In Blackest Velvet, sama Undying.

Menurut loe lebih gampunk’n enak mana bwat zine ato band…(jgn jawab dua-duanya)

Gampang zine. Soalnya aku banyak ngerjain zine sendiri. Kalo band kan nyatuin beberapa otak jadi satu. Itu susah! Hehehe!

Tolong beri pendapat singkat tentang Straightedge, vegan, dan zine 

Straightedge: A lifetime commitment by absent of smoke, alcohol, drugs.

Vegan: Absent of consuming all products from animals, including meat, egg, milk. Don’t wear anything from animals too, including leather shoes, belt, etc. Absent using cosmetic products with animal ingredients and animal testing.

Zine: Media alternative independen.

Gimana plan kedepan bwat BD,salient insanity, n insanity production

Betterday bakal tetep jalan!! Salient Insanity nyiapin album kedua di bawah Insanity Production. Sedikit info tambahan, band metalku yang lain, DEADEDGE, barusan rilis album. Check out our sounds athttp://www.myspace.com/deadedg…! Band punkrockku, RICHAR’D BLACK HAT, bulan Mei rilis full length album, check our demo athttp://www.myspace.com/rbhxfam…! Hehehe!

Tell me. 1 favourite zine n 1 zine yg nyebelin yg pernah lo baca, beserta alasanya

Boleh narsis nggak? Aku paling suka Betterday zine. Hahaha! Kidding, selain Betterday aku suka Overture zine. Yang nyebelin nggak ada. Eh ada dink, bukan nyebelin tapi, munkin lebih tepatnya nggak masuk,..aku pernah baca zine politik (lupa namanya) yang aneh banget. Aku banyak banget ga masuk dengan apa yang ditulis. So utopia.. Hehehe!

Udah pernah ke balikpapan blm? what do you know abaout balikpapan scene hc/punk..

Belum pernah, tapi aku punya tante di sana loh!! Hehehe! Denger-denger sih scene Balikapapan udah maju sekarang. Aku kontakan dengan beberapa temen dari Balikpapan juga kok. You’re such nice guys! Tetep bergerak yah!!

Oke deh broth, sampai di sini perbacotan kita .jumpa lagii di sana, sini, & situ hahahaha
any last word for salahcetax die hard reader….

Pokoknya open your mind aja. Soalnya semakin kesini banyak orang Indonesia yang kembali berpikiran primitif!!! Hehehe! Thanx interview-nya, sukses buat SalahCetax zine ya! Aku tunggu dikirimnya. Ngarep, hehehe! PEACE.VEGAN.STRAIGHTEDGE.HARDCORE!

Leave a Reply

