Interview : DOM 65

Siapa yang tidak kenal dom 65, ben Oi!/punk veteran dari jogja yang sudah malang melintang sejak 1997. 14 tahun berselang menunjukan kekuatan eksistensi mereka di dalam scene. Mereka terbukti masih ada, bila kita lihat dari produktivitas album, merchandise hingga ke pergantian personel :p. oke langsung saja, simak wawancara kali ini, yang di jawab oleh sang vokalis, imam senoaji.

1. Hello Dom 65, apa kabar, sedang apa, sudah minum belum?
Imam : baik, saat ini sedang kesana-kemari, naik turun dari lantai 1 ke lantai 2. Nampaknya belum minum, namun akan segera menjadi urutan teratas dalam skedul mengisi malam.

2. Tolong critakan sejarah singkat dom 65 dan line up terkini, siapa tau ada yang belum tau.
Imam : DOM 65 dibentuk di CC Barmy Army, Jogjakarta, oleh Aray & Adnan, pada akhir tahun 1997, memainkan musik Oi! dengan proses evolusinya hingga masih aktif sampe sekarang dengan line up terkini adalah : Imam Senoaji : Vokal, Sesa Slaughter : Gitar, Uut Mubaroxc : Gitar, Adnan D Kusuma : Bass, Yanda Panda : Drum

3. Album terakhir dom 65 adalah Committed ? langsung aja, ceritain proses pembuatan album ini, trus dari sudut pandang kalian apa yang membedakan dari album-album sebelumnya?
Imam : benar, Committed adalah album terakhir DOM 65, dirilis Desember 2009, dan diselesaikan dalam kurun waktu 2 tahun paska perubahan formasi personil, konsep musik tetaplah sama, cuma cara kita memainkannya agak berbeda. Ada sedikit unsur akustik yang dilibatkan, nostalgia beat kencang, lebih simpel dari album sebelumnya, cukup menyenangkan, dan teler berat mungkin akan banyak membantu mencernanya, walau agak melelahkan.

4. Sepertinya tema drinking mendapat porsi lebih di album ini? Mengapa? btw collapse jadi lagu favorit saya nih di album ini.
Imam : Porsinya sama saja kok, banyak cerita yang bermula dari nge-drink hebat juga, cuma agak berbeda di rasa, mungkin karena beda oplosan. Collapse semakin dasyat saat kepala membentur lantai.. haha!

5. Masih di album ini, lagu bankrupt juga menarik perhatian saya, dari mana dapat inspirasi menulis lagu ini? Based on true story? Kalo iya, bisa ceritakan sedikit.
Imam : Hanya dari menonton film action, kebanyakan nonton televisi, dan membaca koran kriminalitas. Memang berdasar dari kisah nyata. Inilah jadinya apabila aksi legendaris Johny Indo yang diadopsi ala kadarnya dan diiringi “Bankrobber-nya milik The Clash” sebagai anthem.

6. Dengar- dengar dom 65 udah jarang manggung lagi ya? Eksis dengan waktu selama ini apa kendala utama yang kalian rasakan?
Imam : Kita masih rutin pentas kok, minim publisitas saja. Kendala utama kami adalah seringnya gonta-ganti personil, dan pukulan keras dari naiknya harga miras. (saya juga ikut terpukul -ed)

7. Kebanyakan lagu-lagu dom 65 berbahasa inggris, ada alasan khusus? Padahal lagu “fortuna” itu keren abis loh om!
Imam : Tidak ada alasan khusus sih, hanya kebiasaan saja, nantinya pasti bakal ada yang berbahasa Indonesia kok, ditunggu saja.

8. Ngomong-ngomong tentang lagu fortuna tadi, kita pindah ke masalah sepak bola nih, rezim Nurdin telah berakhir, gimana komentar kalian tentang pssi dan sepakbola Indonesia?
Imam : Rezim siapa saja hasilnya juga sama saja, Tim lokal pada jumpalitan, kekerasan semakin canggih, dan para suporter kini mulai nampak fashionable. Bagi kami sih asal bekal melimpah, menonton pertandingan di stadion bersama teman-teman tetaplah seru.

9.Tentang tur nih? Paling jauh kemana? Sudah pernah ke borneo?
Imam : Tour yang pernah kita gelar hanyalah di kisaran Jabodetabek hingga Jawa Barat, lanjutan dari rilisnya album Committed. Keluar pulau sepertinya belum pernah.

10. bagaimana kalian menanggapi piracy
Imam : Belum pernah berbenturan, jadi belum ngerti opini seperti apa yang mesti diberikan.

11. tentang zine nih, seberapa penting keberadan zine buat scene? Btw udh berapa zine nih yang pernah nginterview dom 65? Masih inget gak? Hehe
Imam : Zine yang tahan banting untuk berdiri sendiri serta faktual, sangat dibutuhkan oleh scene untuk saling berbagi informasi. Ada beberapa zine yang pernah melakukan sesi interview dengan DOM 65, tidak banyak sih, namun selalu berkesan.

12. sebutin donk 1 band dan minuman favorit kalian?
Imam : Band : Cockney Rejects
Minuman : Mc. Donald Vodka

13. apa ada pertanyaan yang ingin kalian jawab tapi nggak di tanya disini?
Imam : Sepertinya belum ada.

14. oke mungkin cukup, kita berhenti di 14. ada pesan terakir untuk pembaca setia salah cetax zine. Titip salam juga boleh. Hahaha..
Imam : Salam kenal untuk Salah Cetak Zine beserta pembaca setianya, terima kasih banyak, DRINK LIKE HELL!!!

20130210-215805.jpg

Jogjakarta zine attack

 

Image

2012 memang tahun yang indah bagi dunia per-zine-an Indonesia. Setelah sebelumnya ada pameran di UGM(Jogja), kemudian di Bandung (Bandung zine fest), muncul lagi sebuah acara zine di Jogja. Adalah Jogjakarta zine attack, sebuah acara tahunan yang mengalami progres menarik di edisi kedua ini.

7 oktober 2012, Jogjakarta zine attack dibuka dengan sebuah workshop zine. Sekitar jam 4 Para partisipan mulai berdatangan dan menempati kursi-kursi kosong yang telah disediakan. Tidak diperkirakan sebelumnya, jumlah partisipan terus bertambah dan menyesaki ruangan yang bisa dikatakan overload. Ah sungguh menyenangkan melihat antusias ini.

Diawali dengan perkenalan diri dan sedikit share tentang apa itu zine, kemudian partisipan dibagi menjadi dua untuk bareng-bareng ngebuat cover dan back cover. Bayangkan bagaimana jadinya satu kertas dikeroyok orang banyak? hehehe.  Setelah selesai menghasilkan cover, tiap partisipan dibagi sebuah kertas untuk mengisi konten zine. Di meja telah tersedia banyak majalah dan koran bekas yang siap dieksekusi  untuk mengembalikan nilai artistiknya, hahaha.

Tak lupa sebuah mesin ketik menemani gunting dan lem sebagai senjata untuk membuat zine. Ketersediaan alat yang terbatas tak mengganggu jalanya workshop, partisipan secara sadar bergantian menggunakan alat-alat tersebut.

Sebenarnya dalam membuat konten ini, waktu yang ditawarkan hanya sekitar 60 menit, tapi yang namanya punk pasti bisa menembus batas-batas itu, ditambah datangnya beberapa partisipan yang telat. Sekitar 2 jam-an lebih akhirnya tiap orang mengumpulkan karyanya. Isinya pun beragam mulai dari gambar gambar pemandangan sampai ke hal-hal politis.

Minggu selanjutnya, ditempat yang sama diadakan pameran zine. Ini sekaligus sebagai ruang untuk memamerkan hasil dari workshop zine yang telah dibuat sebelumnya. Cukup banyak pengunjung yang mendatangi café ini, termasuk beberapa orang dari luar jogja yang juga menyempatkan diri untuk hadir ke pembukaan pameran ini. selain zine, di acara ini juga menyediakan sablon gratis, yang pastinya langsung diserbu oleh pengunjung yang datang.

Walaupun tidak seramai acara musik, aku pikir pengunjung untuk sebuah acara zine ini bisa dikatakan ramai, khususnya dalam sesi workshop. Sungguh menyenangkan melihat antusiasme peserta saat workshop zine. Semoga semangat ini tetap ada. Longlive D.I.Y MEDIA 

MUAK: PAMERAN ZINE DAN ARTWORK

ImageImageImageImageMayoritas zine adalah zine HC/PUNK, pembacanya pun dari kalangan punk itu sendiri. Benarkah seperti itu? Adalah “MUAK”, sebuah pameran zine dan artwork yang di selenggarakan di dalam area kampus. Sebuah acara dimana ada ratusan zine dan puluhan artwork terpampang di dalam sebuah tenda kecil di halaman kampus.

Disitu terdapat ratusan zine yang mayoritas seputar HC/PUNK (inget ye mayoritas, gak semua) dan puluhan artwork dengan tema yang sama dengan judul acara, “muak”. Zine dikumpulkan dari beberapa individu yang punya koleksi yang datang dari berbagai daerah, sedangkan Artwork dikumpulkan setelah kami menyebar flayer di dunia maya, Alhasil banyak kawan-kawan di luar jogja yang ikut mengumpulkan artwork-artwork mereka.

Persiapan dilakukan cukup mendadak, setelah semua zine dan artwork masuk, artwork mulai di pasangi bingkai, sedikit cerita, awalnya ide pemakain bingkai kaca sempat ditolak, dengan alasan terlalu ribet dan tidak punk! haha, tetapi karena banyak teman yang ingin melakukan hal ini, maka dipasanglah, dan hasilnya dapat membuat tersenyum.

Pendanaan juga dilakukan secara kolektif, banyak peralatan seperti bingkai juga dengan memanfaatkan jaringan pertemanan, termasuk pencurian beberapa alat-alat di kampus. Menyenangkan. Ohya tak lupa manipulasi izin, you know lah birokrasi kampus.

Pameran berlangsung selama tiga hari. Sedikit kaget, pada hari pertama, ketika pameran belum dibuka tepatnya jam 9, seharusnya dibuka jam 10, sudah ada beberapa orang yang masuk untuk melihat artwork yang memang sudah di pajang sehari sebelum pameran dimulai. Alhasil pameran dibuka dengan sendirinya tanpa ada basa-basi-introduksi terlebih dahulu.

Mayoritas yang berkunjung adalah warga kampus, mereka terlihat cukup asik membaca dan tak jarang yang bertanya. Selain itu beberapa kawan-kawan persma juga turut melakukan peliputan dan terakhir, tentu saja, pengunjung pameran adalah HC/PUNK kids!.

Sempat terjadi sesi diskusi ringan ketika teman-teman dari luar jogja datang, ini terjadi dengan sendirinya. Diskusi tidak ada di rundown, karena acara ini memang tidak pakai rundown haha. Isi diskusi pun mengalir seenaknya, diawali dengan membahas tentang sejarah, dinamika hingga ke minuman, yang ternyata juga berpengaruh dalam proses pembuatan zine. kedatangan beberapa jurnalis juga menambah hangat sesi diskusi ini, sebuah pertanyaan menarik yang terlontar, “apa aturan dalam membuat zine”, yang kemudian dijawab dengan seenaknya “gak ada!”. ya, hanya ada satu aturan, “tidak ada aturan”

Space kecil untuk lapak gratis tak lupa tersaji disana. Ada beberapa zine, stiker, spidol, pulpen goodie bag, kaos yang dikumpulkan dari donasi maupun dari kegiatan “mengembalikan fungsi benda”. Ohya aneka snack dan es kopi juga ikut menghiasi pameran, bahkan ketika berkunjung ada yang membawa kue “minor threat” untuk dibagi disana.

Selama acara, jika diamati secara kasar, Tigabelas zine adalah zine yang paling banyak di baca dan masuk daftar kopi. Acara secara resmi ditutup ketika matahari tak lagi bersinar, ini dikarenakan tidak ada lampu disana. Tapi itu tidak berarti langsung bubar begitu saja, tentu saja acara plus-plus jadi lanjutan untuk menemani mengobrol di malam hari.

Hari ketiga pameran ditutup dengan screening film, kami sengaja tidak menentukan film apa yang akan diputar, tapi kala itu sepakat untuk memutar film punk dari jerman “Chaostage”. Pemutaran film itu juga menutup pameran zine dan artwork ini. Sangat menyenangkan bisa melakukan acara seperti ini dikampus. Acara ini juga menjawab pertanyaan personalku tentang siapa pembaca zine, yah ternyata tidak hanya mereka yang menyukai musik Punk saja, tetapi lebih universal. Mungkin para pembuat zine tak perlu malu (seperti saya dulu) untuk mendistribusikan zine nya lebih luas lagi, tidak hanya dalam komunitas hc/punk saja. oke laporan pameran ini saya tutup dengan kutipan dari temen “zine lucu ya? aku suka”

More photo : http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150821491747075.409946.161126867074&type=3

Interview with Kaos Kutang

hell oi kaos kutang!!! whatz up, who answer this interview?

-    hello there,we are doing very good..it’s me (dimas) who answer this interview,cuz everyone is busy and it’s still 8.00 in the morning.

(wake up in this morning tray to get sunshine , get your ass up hiihih –ed)

your third album was out!  tell me how the proces? are you bath 7 kind of flower? hehehehe

-    The process is standard

a..       we collect some money from we have earn & saved

b.      collect some ideas for songs materials

c.       practice a lot,I mean lots of practices..you don’t want your band to be sounded like first time  instant band,right ?

d.      record your songs at recording studio,not at photo album studio

e.       during recording,you could copy the cover album at off set

f.        copy cd from master

g.      sell them independently

I think second album better than it? how do u feel, same with me??

-)      we really can’t judge our own album..it is your opinion if you like 2nd than others.

 oukay, hmm a bored question, please tell me the history of kaos kutang.

-)       If I write down the history of kk,this page won’t be fited..i suggest you to look after to our website http://www.kaoskutang.com

 Outside kaos kutang, are you play on another band?

-)      Twice i played with other band as an additional,but I didn’t enjoy it at all..so I’ve decided to play with kk only,cuz we are the crazy four some,ha..

you saw bush was (almost) hit by the shoes,  what will you do if you being

there? do same thing or….

- No man..i wouldn’t have done the same thing

back to the band.”kaos kutang”, there’s  any important mean of the name?? Continue reading

Interview with Serigala Malam

 

1. Halo serigala malam. langsung saja, perkenalkan diri kalian dan ceritain sejarah singkat SM :

serigala malam (SM) ada sejak kurang lebih 3 tahun lalu di yogyakarta, dari awal udah ngonsep buat ngabangkitin scene hxc yk ang saat itu sedang redup, mainin NYHC sounds, semacam sick of it all, madball, agnostic front, etc. sampe ksini SM banyak replace personel, line up trakir ada komeng di vocal, nicko di drum, mario di gitar, dan indera adt bass (replace jionk utk sementara waktu, krn jionk harus balik ke tiongkok),dan bagong di lead guitar (masih rehat krn cedera pikir, smoga aja kelar lebaran ni bisa lompat2 lagi bareng SM hehe ).

2. Saya dapat cd SM setahun yang lalu (terima kasih sudah dikirimin), tapi sayang sekali zine ku baru terbit sekarangdan jujur gw cukup senang dengan lagu-lagu kalian, kalian sebut apa music SM ini? Siapa yang menginspirasi?

kami sebut musik SM itu HARDCORE.
sebenernya SM uda ngrilis 4 bentuk cd package,
#1 demo-outcomes the notorious wolf (self rilis).
#2 ep-our commitment its our pride (self rilis).
#3 repackage ep-our commitment its our pride (self rilis).
#4 full length – the prove (halang rintang record yk)
untuk garis depan nya dari awal ep kluar sampai full length trakir kami tetep ada di jalur HxC , karena di SM cuma satu yg selalu kami bawa kemana kami pergi, yaitu ” spreading real hardcore “, kami berusaha untuk berbagi apa yg kami ketahui ttg hxc dengan semua org yg bisa kami temui, baik yg kami temui di gigs, di atas stage, juga di kehidupan sehari2 kami. memang belum banyak yg kami ketahui ttg hxc, tapi setidak nya kami berusaha berbagi ttg yg kami tahu, dan selanjut nya silahkan browse di internet ttg apa itu hxc dan roots roots yg ada di dalam nya, sik kok buat dikulik.. hehe
kalo influence ya itu tadi,karena dari awal kami udah mainin NYHC jadi jelas kami sedikit banyak terinpirasi oleh band2 NYHC yg uda saya sebutkan di awal tadi :) ….

3. Satu lagu yang menarik “more pain more blood” disitu kalian bercerita tentang berdarah dalam mosh pit itu biasa. Tapi kalau melihat kenyataan, mengingat kultur Indonesia yang keras namun tak pengertian haha, bisa di ceritakan lebih lanjut tentang lagu ini?

*kultur yang sudah saat nya dirubah bro..kalo dulu org di mosh ada yg salah gerak dikit, kesenggol dikit langsung berantem, ho ho.. kita udah ga jaman nya idup di scene semacam itu kawan-kawan ..jadi kalo uda ada di mosh trus  ada yg two step ato mulai extreme dance ( kaki kemana tangan kemana ntah, haha ) ya di bawa wolezzz (slow) aja. ya ini cara kami nikmatin musik kami hehe, if you like it, so joint us. but if you didnt like it, just move to da back side of stage :) easy, tapi sayang nya masih ada pihak2 yg masih lucu dan ga nge-slow, menjadikan mosh pit buat ajang cari musuh.. fiuhhhh.. susah ya  bikin maju? haha, gpp sesuai slogan WOLEZZ(slow), pelan2 aja majuin nya, tapi saya yakin kita pasti bisa..hahaha..
bener nya lagu ini terinspirasi dari sering nya kejadian bnyak temen yg jatuh pas stage dive ato pas two step di gigs gigs baik hxc, punk, ato metal, ampe berdarah2 gitu, seru, akhirnya kami buat lagu nya. jadi sama skali ga ada unsur provoke didalam lagu ini …biasa nya lagu ni kami mainin buat pemanasan  mosh-pit yg ada di depan kami.. fast, circle pit, sing along, up and down, its soooo much fun haha..

4. Setelah saya kuliah di jogja saya cukup kaget, melihat nama SM yang sudah menguasi alam pikiran remaja jogja, hampir semua yang suka music hc/punk mengenal SM. Pertanyaan bodoh nih. Kok bisa SM jadi seterkenal itu? Haha

*waduh, bukan terkenal bro…temen sekos saya aja ada yg suka hc tapi ga tau SM hahaha, om saya juga pada ga tau kok saya band2an gini..haha. jadi dilewat aja ya pertanyaan yg ini..

5. Terus, dengan predikat famous nih, walaupun mungkin kalian tidak mengakuinya, senang gak sih di beri predikat seperti itu? Trus ada fans clubnya gk? Haha

*wakaka, kalo saya lebih suka dapet baju famous star and strap bro daripada dapet predikat famous..ga famous kok, biasa aja ,sumpah, tetep wolezz. fans club ga ada bro.. fans aja ga ada…yg ada teman bro, teman sharing..hehe,klo temen sharing jadi banyak sekarang, soal nya banyak org yg suka dengerin HxC sekarang…asyik… :)

6. Ngomong-ngomong soal merch, SM sangat produktif, apa kah penjualan merch ini dijadikan nyawa untuk proses produksi album?

*gini,kalo buat hasil penjualan merch yg official sih sebagian kami masukin buat bayar utang biaya produksi dan launch full album kami kmrn (haha wokeh je ga entek2 utange), sebagian juga kami sisihin buat biaya sewa mobil kalo kluar kota, dan akir2 ini kami juga nyisihin buat proses penggarapan album SM brikut nya (krn materi nya sangat banyak, jdi kami emang lagi butuh lumayan banyak dana…hehe ada yg minat jadi produser kami?hehe). kalo kas langsung kepersonil sih jarang , soal nya yaitu td bnyak hutang album pertama. dan biasa nya kami lebih ngutamain buat kebutuhan panggung kalo masalah kas,seperti  perkakas panggung, crew, sound enginer(nih yg paling penting), dan kami sering juga nombok mslah angkutan kalo pas maen luar kota. enjoy..
kalo yg ga official sih buanyak, tapi ya kami jarang ngomplain, soal nya kalo ada temen2 yg suka SM dan mau bikin kaos nya sih kami bakal seneng bgt, tp kalo ampe buat hidup mreka ya SM juga bakal sueneng buangeeet.. inti nya saling ngormatin aja.. saran saya buat temen2 yg bukan official merch dan produktif bgt produksi merch SM mending konfirm dulu aja biar ga salah paham.. brow… RESPECT.

7.  Bagaimana dengan YKHC, ada begitu bnyak hardcore kids berkeliaran di jogja, sebuah kemajuan kah?

*sangat..ini memang salah satu tujuan kami, membuat sedikit banyak org menyukai musik hardcore…sampai proses penjaringan selesai nanti nya… :)

8. tentang pembajakan nih, kalian pro piracy atau anti? gimana kalau merch/lagu SM di bajak. Btw sering jalan2 ke kaskus gk? Disana banyak yang jual kaos SM looh. Hehe

*wolezzz….
mau bajak cd SM monggo, mau nge rip cd SM silahkan, mau produksi kaos ato merch SM silahkan, tapi kalo bisa ya itu bilang dulu aja biar makin wolezz..respect the other bro…
hehe iya sering ngaskus, bnyak emang..hehe…

9. Rekomendasiin donk ben/zine lokal jogja yang kalian anggap keren!

*buanyak kalo band , kebetulan teman2 lagunya pada keren bray…
hc nya:something wrong, reason to die, knockdown, break inside, XlifetimeX, stride off, trought out, baku hantam, wicked suffer,etc…
metal nya : death vomit, venomed, deadly weapon, cranial incisored, metallic ass, etc …
punk : dom65, sistem reject, realino resort, human chaos,etc…
hip hop : DPMB, jahanam, jhhf,etc…

kalo zine yg tetep produktif di yk yg sering saya simak sih betterday zine..



10. keberadaan zine sendiri, masih penting kah untuk scene hc/punk sendiri?

*masih bgt bro…itu satu kultur yg harus nya jgn sampe ilang, walopun skrg internet ada dimana2 tetep kalo bs zine tetep jalan, itu esensial bgt lho buat scene hc?punk, kalo ga ada zine saya mungkin ga tau hc2an deh…lembar2 fotokopian yg sangat berguna…walau selembar dua lembar, zine2 tetep keren dan ada nilai nya ampe kapan pun…

11. berhubung di jogja nih ya? Kan kemarin lagi pada rebut tentang keistimewaan jogja yang katanya terusik, gimana kalian menangapinya? Continue reading